VISI
Tahun 2015 Menjadi Penyelenggara Pendidikan Ners yang Terdepan Dalam Mutu di Jawa Barat, Berdaya Saing Nasional, dan Unggul dalam Bidang Keperawatan Komunitas dan Jiwa
MISI
Menyelenggarakan tata kelola program studi berdasarkan prinsip good governance yang ditopang oleh sistem penjaminan mutu yang berkelanjutan.
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran ilmu keperawatan yang berbasis kompetensi serta berorientasi pada pengembangan keunggulan dalam bidang Keperawatan Komunitas dan Keperawatan Jiwa.
Melaksanakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang keperawatan secara berkelanjutan dan berkontribusi bagi perwujudan suasana akademik yang sehat dan kondusif.
Melaksanakan program kerjasama dengan lembaga terkait baik dalam negeri maupun luar negeri, khususnya dalam hal pendayagunaan lulusan Ners yang profesional dan berdaya saing.
TUJUAN
Pendidikan
Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan tinggi di bidang ilmu keperawatan secara terencana, terpadu, dan dikelola dengan baik sebagai salah satu upaya pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini di bidang keperawatan khususnya dan kesehatan pada umumnya yang gayut dengan tujuan pendidikan nasional;
Melaksanakan proses pendidikan yang mampu membekalkan kecerdasan integratif yaitu kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosionak (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ) pada seluruh peserta didik;
Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berorientasi pada pengembangan kompetensi, sikap, perilaku, dan etika profesional, serta penguasaan softskills yang dibutuhkan dunia kerja, baik untuk memenuhi kebutuhan pasar nasional maupun global;
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkembangkan ilmu keperawatan yang berkelanjutan yang menekankan pada peningkatan tekonologi sepadan (appropriate technology) dan teknologi terapan (applied technology) dalam menunjang praktek keperawatan;
Meningkatkan kemampuan sivitas akademika dalam melaksanakan riset dan pengabdian masyarakat dalam bidang keperawatan yang berbasis pada sumber daya lokal serta dapat menunjang pelaksanaan praktik keperawatan berbasis bukti ilmiah (evidence-based nursing practice);
Sarana dan Prasarana
Meningkatkan kuantitas dan kualitas prasarana, sarana, dan teknologi penunjang untuk terwujudnya misi program studi dan STIKKU serta mendorong terwujudnya suasana akademis yang sehat, kondusif, serta bermanfaat bagi sivitas akademika dan masyarakat;
Meningkatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk penyelenggaraan dan peningkatan kegiatan akademik dan nonakademik;
Kerjasama
Memupuk dan menjalin kerjasama yang setara dan saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, lahan praktik, serta institusi pendidikan tinggi keperawatan lainnya, baik di Jawa Barat maupun di Indonesia;
Menaikkan citra Program Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKKU sebagai institusi penyelenggara pendidikan tinggi bidang keperawatan yang terdepan dalam mutu;
Meningkatkan keterlibatan dan peran serta Program Studi S1 Ilmu Keperawatan STIKKU dalam berbagai kegiatan baik pada tingkat lokal, nasional, regional, maupun internasional;
Kelembagaan
Mengembangkan sistem tata kelola program studi yang otonom, berbasis evaluasi diri, mengedepankan kualitas dan akreditasi, serta akuntabel;
Meningkatkan mutu SDM serta peran serta stakeholder dalam upaya untuk peningkatan kinerja dan pengembangan Program Studi;
Mengikuti kompetisi dana hibah untuk pengembangan dan penguatan kapasitas kelembangaan Program Studi;
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN S1 KEPERAWATAN
Ruang Lingkup Kompetensi Lulusan
A. Pengetahuan dan Keterampilan Klinik (knowledge and clinical skills), yang meliputi:
Proses Keperawatan (Nursing Process)
Teknologi (Technology)
Pendidikan Pasien/Keluarga (Patient/Family Education)
Kebijakan/Prosedur/Protokol (Policy/Procedures/Protocols)
Promosi Budaya Keselamatan (Promoting Culture of Safety)
Dokumentasi Keperawatan (Nursing Documentation)
B. Hubungan terapeutik
Komunikasi Terapeutik (Therapeutic Communication)
Pemberdayaan (Empowerment—nurse, patient, family)
Ketulusan (Compassion)
Advokasi dan Etika (Advocacy and Ethics)
Penghargaan terhadap Kemajemukan (Valuing of Diversity)
C. Hubungan profesional
Kolaborasi dengan Tim Kesehatan Lain (Collaboration with Health Care Team)
Penghargaan terhadap Tim Kerja (Valuing Teams/Teamwork)
Pendelegasian (Delegation)
Penghargaan terhadap Kemajemukan (Valuing of Diversity)
D. Pengembangan profesionalisme
Kemampuan Pengembangan Diri (Self-Development Ability)
Kemampuan Kontribusi terhadap lingkungan sekitar (Contribution to others)
E. Pengembangan praktik profesional
Kemampuan melakukan Penelitian (Research Skill)
Kemampuan Berinovasi (Innovation Skill)
Adapun rumusan unit kompetensi Sarjana Keperawatan lulusan STIKKU di atas dapat diuraikan secara lebih rinci sebagai berikut:
Mampu melakukan komunikasi yang efektif dalam memberi asuhan
Mampu menerapkan pengetahuan, kerangka etik dan legal dalam sistem kesehatan yang berhubungan dengan keperawatan
Mampu membuat keputusan etik
Mampu memberikan asuhan yang peka budaya dengan menghargai sumber-sumber etnik, agama, atau faktor lain dari setiap klien yang unik
Mampu menjamin kualitas asuhan holistik secara kontinyu dan konsisten
Mampu meggunakan teknologi dan informasi kesehatan secara efektif
Mampu menggunakan proses keperawatan dalam menyelesaikan masalah klien
Mampu menjalankan fungsi advokasi untuk mempertahankan hak klien agar dapat mengambil keputusan untuk dirinya
Mampu menggunakan prinsip-prinsip peningkatan kualitas berkesinambungan dalam praktik keperawatan
Mampu mendemonstrasikan keterampilan teknis keperawatan yang sesuai dengan SOP
Mampu mengkolaborasikan berbagai aspek dalam pemenuhan kebutuhan kesehatan klien
Mampu melaksanakan terapi modalitas sesuai dengan kebutuhan
Mampu mempertahankan lingkungan yang aman secara konsisten melalui penggunaan strategi manajemen kualitas dan manajemen risiko
Mampu melaksanakan pelayanan kesehatan sesuai dengan kebijakan yang berlaku dalam bidang kesehatan
Mampu mengkolaborasikan pelayanan keperawatan
Mampu memberikan dukungan kepada tim asuhan dengan mempertahankan akuntabilitas asuhan keperawatan yang diberikan
Mampu mewujudkan lingkungan bekerja yang aman
Mampu menggunakan keterampilan interpersonal yang efektif dalam kerja tim dan pemberian asuhan keperawatan dengan mempertahankan hubungan kolaboratif
Mampu merancang, melaksanakan proses penelitian sederhana serta memanfaatkan hasil penelitian dalam upaya peningkatan kualitas asuhan keperawatan
Mampu mengembangkan pola pikir kritis, logis, dan etis dalam mengembangkan asuhan keperawatan
Mampu mengembangkan potensi diri untuk meningkatkan kemampuan profesional
Mampu berkontribusi dalam mengembangkan profesi keperawatan
Mampu mengembangkan potensi diri untuk mempertahankan kompetensi